Pengertian Kurikulum
Judul : Kurikulum dan Pengajaran Tahun : 2008
Pengarang : Prof. Dr. S. Nasution, M. A. Halaman : 5
Penerbit : Bumi Aksara
1. Kurikulum : suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses
berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga
pendidikan beserta staf pengajarnya.
2. Kurikulum : adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah
pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan
yang tak formal.
Judul : Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah
Pengarang : Dr. h. Nana Sudjana Tahun : 2005
Penerbit : Sinar Baru Algensindo Halaman : 3,4,5,7,17
3.
Kurikulum : niat dan harapan
yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan
oleh guru di sekolah.
4. Kurikulum adalah niat dan rencana, proses belajar mengajar
adalah pelaksanaanya. Dalam proses tersebut ada dua subjek yang terlibat yakni
guru dan siswa. Siswa adalah subjek yang dibina dan guru adalah dubjek yang
membina.
5. Curriculum dalam bahasa Yunani kuno berasal dari kata Curir yang
artinya pelari; dan Curere yang artinya tempat berpacu. Curriculum di artikan
jarak yang harus di tempuh oleh pelari. Dari makna yang terkandung berdasarkan
rumusan masalah tersebut kurikulum dalam pendidikan di artikan sebagai sejumlah
mata pelajaran yang harus ditempuh atau disekesaikan anak didik untuk
memperoleh ijasah.
6. Kurikulum adalah program belajar bagi siswa yang disusun secara
sistematis dan logis, di berikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sebagai program belajar, kurikulum adalah niat, rencana atau harapan.
7. Kurikulum adalah hasil belajar yang diniati atau intended
learning out comes.
8. Kurikulum adalah program dan pengalaman belajar serta
hasil-hasil belajar yang di harapkan yang diformulasikan melalui pengetahuan
dan kegiatan yang tersusun secara sistematis, di berikan kepasa siswa di bawah
tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan atau perkembangan pribadi dan
kompetensi social anak didik.
9. Kurikulum adalah rencana atau program belajar dan pengajaran
adalah pelaksanaan atau operasionalisasi dari rencana atau program.
10. Kurukulum adalah alat atau saran untuk mencapai tujuan
pendidikan melalui proses pengajaran.
11. Kurikulum adalah sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakan
untuk anak didik. Artinya, hasil belajar yang diinginkan yang diniati agar
dimiliki anak.
Judul : Seri Standar Nasional Pendidikan KTSP (Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan
Pengarang : Mashur Muslich Tahun : 2008
Penerbit : Bumi Aksara Halaman : 1
12. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidika Nasional Pasal 1
ayat 19 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,
isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Judul : Dasar- Dasar Kurikulum Bahasa
Pengarang : Prof.Dr. Henry Guntu Tarigan
Tahun : 1992
Halaman : 3
13. Kurikulum adalah suatu formulasi pedagogis yang termasuk paling
penting dalam konteks PBM.
Judul : Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran
Pengarang : Drs. Cece Wijaya,dkk
Tahun : 1988
Halaman : 24
14. Kurikulum dalam arti luas yaitu meliputi seluruh program dan
kehidupan dalam sekolah.
Judul : Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum
Pengarang : Prof. Drs. H. Darkir
Tahun : 2004
Halaman : 1, 2, 4, 5, 6
15. Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan.
16. Kurikulum adalah program pendidikan bukan program pengajaran,
yaitu program yang direncanakan, diprogramkan dan dirancang yang berisi
berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar baik yang berasal dari waktu yang
lalu,sekarang maupun yang akan datang.
17. Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai
bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang
secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman
dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk
mencapi tujuan pendidikan.
18. William B. Ragam
Kurikulum adalah semua pengalaman anak yang menjadi tanggung
jawab sekolah.
19. Robert S. Flaming
Kurikulum pada sekolah modern dapat didefinisikan sebagai
seluruh pengalaman belajar anak yang menjadi tanggung jawab sekolah.
20. David Praff
Kurikulum adalah seperangkat organisasi pendidikan formal atau
pusat-pusat pelatihan.
21. Donald F.Gay (1960)dalam Asnah Said, menggunakan beberapa
perumusan kurikulum sebagai berikut:
1) Kurikulum terdiri atas sejumlah bahan pelajaran yang secara
logis.
2) Kurikulum terdiri atas pengalaman belajar yang direncanakan
untuk membawa perubahan perilaku anak.
3) Kurikulum merupakan desain kelompok social untuk menjadi
pengalaman belajar anak di sekolah.
4) Kurikulum terdiri atas semua pengalaman anak yang mereka lakukan
dan rasakan di bawah bimbingan belajar.
22. Nengly and Evaras (1976)
Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan yang
dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar
kepada kemampuan siswa yang paling baik.
23. Inlow (1966)
Kurikulum adalah susunan rangkaian dari hasil belajar yang
disengaja. Kurikulum menggambarkan (atau paling tidak mengantisipasi) dari
hasil pengajaran.
24. Saylor (1958)
Kurikulum adalah keseluruhan usaha sekolah untuk mempengaruhi
proses belajar mengajar baik langsung di kelas tempat bermain, atau di luar
sekolah.
Judul : Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru
Pengarang :Kunandar, S. Pd, M. Si, dalam 2007
Penerbit: PT. Raga Grafindo Persada Hal : 122-123
25. Dalam kamus Webster tahun 1955
Kurikulum diartikan sejumlah mata pelajaran di sekolah atau mata
kuliah di perguruan tinggi yang harus di tempatkan untuk mencapai suatu ijasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar